Selamat Datang Mas Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi di Bumi Poncol Eksotik

Genilangit – Sabtu (18/11/2021) tepat pukul 10.20 WIB Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar didampingi oleh Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito, Bupati Magetan dan Bupati Ponorogo beserta rombongan hadir di lokasi Genilangit Café yang terletak di Lapangan Desa Genilangit untuk meresmikan Desa Wisata Genilangit Coffe, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol.

Gus Menteri, sapaan akrab Bp. Abdul Halim Iskandar dan rombongan disambut dengan Penari Ganongan serta kesenian reog disertai pengalungan rangkaian bunga melati dan dilanjutkan dengan meninjau stand UMKM yang memajang produk-produk UMKM dan BUMDES di Kecamatan Poncol berupa sayur-sayuran, makanan olahan, sulak, anyaman, batik dan pakaian jadi kreasi dari siswa-siswi SMKN I Poncol.

Setelah meninjau stand pameran, rombongan langsung menuju ke lokasi acara. Sambutan dari Bupati Magetan mengawali acara dilanjutkan dengan sambutan pengarahan dari Menteri Desa PDTT dilanjutkan dengan peresmian “Genilangi Café” yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti diiringi oleh Kesenian Tradisional Thong-Ling. Genilangit Café merupakan bantuan sarana prasarana dari Kementrian Desa PDTT Tahun 2021 bersama dengan 5 lokasi lain yaitu Desa Dadapan Kecamatan Pacitan dan Desa Mendak Kabupaten Madiun serta Desa Paringan, Biting dan Gondowido Kabupaten Ponorogo.

Di Kabupaten Magetan satu-satunya desa yang mendapatkan bantuan adalah Desa Genilangit yang mempunyai wahana wisata yang cukup terkenal yaitu BEDENGAN,satu-satunya Tempat wisata yang pengunjungnya banyak yang berasal dari luar Magetan.
Bantuan yang di terima dari Menteri PDTT yaitu di wujudkan “GENILANGIT COFFE” pendukung Destinasi Taman Wisata Genilangit.

Bukan tanpa alasan Kemendes PDTT memberikan bantuan tersebut. Hal ini merupakan salah satu target pembangunan dan program nasional dalam pemulihan ekonomi nasional yang dilanda pandemi Covid-19.

Percepatan pembangunan desa merupakan salah satu fokus program prioritas dan percepatan pemulihan ekonomi nasional Pada Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Dalam mendukung program prioritas tersebut, maka Kemendesa PDTT memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Peresmian Bantuan Sarana dan Prasarana Pengembangan Objek Wisata dalam Mendukung Destinasi Super Prioritas sebagai wahana dan langkah strategis dalam mempromosikan Desa Wisata, dengan tujuan utama mempercepat Kemandirian Desa melalui peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung dan kapasitas pelaku wisata dalam rangka pengembangan industri wisata desa.

Dalam sambutannya, Pria yang disapa Gus Menteri tersebut juga menyampaikan, bahwa icon percepatan pemulihan ekonomi nasional ini adalah desa wisata yang dikelola oleh Bumdes. Kemendesa juga telah menyiapkan aplikasi khusus yang dikelola oleh Bumdes atau pihak ketiga. Aplikasi ini menjelaskan secara detail objek wisata dengan dua bahasa (Indonesia-Inggris) yang tentunya untuk menarik traveller asing.” terangnya.

Bupati Magetan Suprawoto turut menyampaikan banyak kemajuan dan potensi di desa termasuk desa wisata Genilangit.  “Kami ucapkan terima kasih atas segala perhatian dan bantuan pak Menteri, khususnya di desa Genilangit. Kami berharap mudah-mudahan menular di tempat lain dan memberikan nilai tambah serta muaranya memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat ” terang Bupati Suprawoto.

Gus Menteri pada kesempatan tersebut juga berkenan mengunjungi obyek wisata yang ada di Desa genilangit yaitu Taman Wisata Genilangit. Saat bersantai bersama istri Gus Menteri juga melayani permintaan foto Bersama oleh pengunjung yang pada saat tersebut cukup ramai. Sambil menikmati sajian jenang dan musik angklung Gus Menteri berbincang santai dengan rombongan.

Di tempat terpisah tuan rumah , Kepala Desa Genilangit Pardi, saat di konfirmasi, mengatakan merasa terharu dan bangga serta mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Menteri Desa PDTT yang telah meninjau langsung wisata Genilangit yang mendapatkan perhatian Pemerintah Kabupaten Magetan dan Pemerintah Pusat sehingga memberikan bantuan Sarana prasarana Pengembangan obyek wisata Genilangit. (Ws-Tim)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.